Jarimatika Membatu Siswa Belajar Berhitung Matematika

Diposkan oleh dragon on Minggu, 09 Oktober 2011

type='html'>
Matematika itu mudah ! Ungkapan inilah yang seharusnya tertanam pada siswa disekolah. Hal ini terbukti ternyata siswa dan siswi Indonesia selalu memberikan prestasi yang mengharumkan bangsa dalam ajang Olimpiade Matematika tingkat Internasional.

Namun pada kenyataannya sebagian besar siswa disekolah masih mengangap Matematika adalah pelajaran yang menakutkan, sulit bahkan membosankan. Mungkin disebabkan karena metode atau cara penyampaian materi pembelajaran yang monoton dan itu-itu saja. Sehingga siswa menjadi cepat bosan ketika belajar Matematika. Maka perlu adanya metode-metode lain yang lebih menarik sehingga siswa akan lebih semangat dan lebih tertarik untuk belajar Matematika.

Jarimatika, jari tangan dan aritmatika yaitu Teknik belajar berhitung menggunakan jari. Jarimatika sangat diperlukan dalam proses belajar matematika, dan sangat membantu dan mempermudah siswa dalam belajar dan berhitung Matematika.
Seperti contoh sederhana perkalian 9  pada gambar dibawah ini.


Gambar di atas merupakan cara mudah menghitung perkalian 1 x 9 sampai 10 x 9

Misalnya : 2 x 9 
Maka jari pada no 2 ditekuk/dilipat maka hasilnya : jumlah jari sebelah kiri ada 1 dan sebelah kanan ada jari sejumlah 8 maka di gabung dan hasilnya menjadi 18
Misalnya lagi : 7 x 9
Maka jari pada no 7 ditekuk/dilipat maka hasilnya : jumlah jari sebelah kiri ada 6 dan sebelah kanan ada jari sejumlah 3 maka di gabung dan hasilnya menjadi 63 dst.

















Salah satunya yaitu penerapan metode jarimatika dan trik-trik Matematika dalam pembelajaran, sehingga akan membuat siswa suka belajar Matematika dengan adanya trik-trik Matematika, sehinga belajar  Matematika menjadi lebih mudah dan menyenangkan.


Terimakasih, semoga bermanfaat apa bila ada saran dan krtik silahkan berikan komentar !!!

{ 0 komentar... read them below or add one }

Poskan Komentar